Jumat, 26 September 2014

Telaga Warna

     Telaga Warna merupakan salah satu tujuan wisata andalan Kabupaten Wonosobo yang berlokasi di Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah.  Untuk mencapai Telaga Warna, pengunjung dapat berkendara sekira 25 km dari Wonosobo. Harmonisasi alam dengan udara yang sejuk dan bersih membuat suasana Telaga Warna Dieng begitu memikat. Pengunjung juga akan merasakan suasana mistis yang hening disempurnakan oleh kabut putih dan pepohonan yang melingkupinya.
     Dinamakan Telaga Warna karena fenomena alam yang terjadi berupa pergantian warna air dari telaga tersebut. Terkadang berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Fenomena ini terjadi karena di dalam air tersebut terdapat kandungan sulfur cukup tinggi sehingga saat sinar matahari mengenainya maka warna air telaga nampak berwarna warni. Pengunjung bisa menyaksikan di tengah telaga terdapat letupan air mendidih.


    Pengunjung dapat menyusuri tepian telaga ini dan ada juga balkon kecil untuk duduk bersantai sambil menikmati udara dan keanekaragaman fenomena alam yang mengelilinginya. Lokasi paling tepat untuk menikmati keindahan telaga ini selain berada tepat di hadapannya, pengunjung bisa mendaki ke puncak bukit yang memagari telaga. Kondisi menuju bukit ini cukup sempit dan licin yang hanya bisa dilalui oleh satu orang saja. 
   Di sekitar Telaga Warna Dieng tidak tersedia fasilitas kuliner, jadi para pengunjung disarankan untuk membawa perbekalan sendiri. Jika pengunjung ingin pilihan kuliner lain, maka setelah atau sebelum menuju Telaga Warna Dieng sempatkan mampir di sepanjang jalan. Di sana terdapat warung makan dan umumnya adalah bakso, soto dan makanan sejenis lainnya. Di Dieng terdapat minuman khas penghangat badan yang biasa disebut purwaceng. Ada juga purwaceng kopi, susu dan purwaceng akar. Ketiganya mempunyai khasiat sama yaitu untuk menghangatkan badan.
     Di sekitar Telaga Warna tedapat beberapa gua yang patut untuk dikunjungi seperti Gua Semar Pertapaan Mandalasari Begawan Sampurna Jati. Di depan gua terdapat arca wanita dengan membawa kendi. Gua ini juga memiliki kolam kecil yang airnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Ada juga Gua Sumur Eyang Kumalasari, dan Gua Jaran Resi Kendaliseto. Selain itu, ada pula Batu Tulis Eyang Purbo Waseso.  Gua-gua di sekitar kawasan ini sering dijadikan sebagai tempat meditasi.

0 komentar:

Posting Komentar