Sabtu, 27 September 2014

Curug Cikaso

   Curug Cikaso berlokasi di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug Cikaso sebenarnya bernama Curug Luhur, mengalir dari anak sungai Cikaso yang bernama Cicurug. 
     Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan di bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna airnya hijau kebiru-biruan.  Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke timur.  Ketiga air terjun mempunyai nama yang berbeda, sebelah kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong dan kanan bernama Curug Aki.  Ketiga curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 m. Berkunjung ke Curug Cikaso sebaiknya pada pagi hari karena bias sinar matahari yang baru terbit akan tercipta dengan jelas dari butir-butir halus cipratan air terjun.  
      Curug cikaso menjadi Primadona para turis lokal maupun mancanegara untuk melepas penat setelah menjalani beberapa kesibukan kesehariannya, pengunjung akan merasakan sensasi ketenangan yang bisa menyatu dengan alam, disini pengunjung akan menikmati suasana yang 95 % masih alami, Di bawah limpahan curug terdapat kolam yang alirannya langsung terjun ke laut muara Tegal Buleud, Sukabumi. Selain itu, kolam kecil tersebut dapat dipakai untuk berenang, namun perlu diawasi oleh Safety guard (penjaga keamanan), karena kedalaman Curug Cikaso bisa mencapai 15 m.  
       Fasilitas yang tersedia di Curug Cikaso antara lain terdapat beberapa warung makan dan kios yang menjual suvenir serta terdapat toilet. 

0 komentar:

Posting Komentar