Sabtu, 27 September 2014

Curug Citiis


      Curug Citiis terletak di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Curug Citiis berada pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut tepat di tengah-tengah kawasan Gunung Guntur yang gersang dan kawasan Gunung Gede di sebelah utaranya yang masih berupa hutan lebat.
     Sumber air Curug Citiis berasal dari Gunung Guntur yang mempunyai dua buah mata air, yaitu mata air panas yang mengalir ke daerah Cipanas, dan mata air dingin yang mengalir ke aliran Curug Citiis.
      Curug Citiis banyak dikunjungi wisatawan, terutama kaum muda yang datang dari berbagai tempat. Daerah curug ini menjadi salah satu rute pendakian bagi pengunjung yang ingin menakhlukkan puncak Gunung Guntur dari arah Kampung Pasawahan. 
      Di sekitar Curug Citiis terdapat tiga buah shelter (hunian darurat) dalam kondisi cukup baik namun terdapat sedikit vandalisme di shelter, sebuah kios dalam kondisi yang cukup dan hanya buka pada hari Minggu. Objek wisata ini belum memiliki fasilitas akomodasi atau tempat ibadah. Fasilitas-fasilitas tersebut dapat dijumpai di kawasan Cipanas yang berjarak +7 km dengan menempuh waktu 2 jam, sedangkan fasilitas rumah makan hanya terdapat di kecamatan Tarogong.


Asal Kata
     Konon Curug Citiis merupakan tempat bertemunya para raja dari seluruh pulau Jawa. Nama Curug Citiis ini berasal dari kata citiis yang berarti air dingin karena menurut penduduk sekitar suhu air dari air terjun ini paling dingin sewilayah Garut.

 

0 komentar:

Posting Komentar