Kamis, 25 September 2014

Pantai Banyu Tibo

       Pantai Banyu Tibo berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Pacitan, Jawa Timur. Lokasi pantai ini berada di bawah tebing sehingga wisatawan harus berhati-hati saat berjalan menuju pantai ini. Setelah berhasil melewati tebing, udara sejuk khas pantai ini akan menyambut para wisatawan. Di pantai ini para wisatawan tidak hanya bisa bermain air dan berenang, tetapi wisatawan bisa menikmati pemandangan yang jarang ada di pantai lain, yaitu air terjun yang berada di Pantai Banyu Tibo. Dalam bahasa Jawa, banyu berarti air sedangkan tibo berarti jatuh.Seperti namanya, Pantai Banyu Tibo memiliki keindahan air terjun air tawar yang langsung mengalir ke bibir pantai. Pemandangan ini sangat jarang kita temui apabila kita sedang berwisata di pantai.
     Pantai Banyu Tibo didominasi karang-karang yang tinggi dan memiliki pasir pantai yang tidak begitu luas. Keindahan pantai bisa wisatawan nikmati dari atas karang. Batuan kapur yang tergerus ombak laut menjadikan hiasan tersendiri seperti sebuah ukiran kayu yang sangat mempesona mata. Air terjun yang mempercantik Pantai Banyu Tibo ini berasal dari mata air pegunungan yang tidak pernah kering walaupun saat musim kemarau, mengalir melewati bebatuan menjadikan sebuah sungai yang sangat jernih dan jatuh ke bibir pantai dan menjadi titik pertemuan antara air tawar dan air pantai.



     Hanya sebuah gubug reot kecil milik nelayan yang dapat wisatawan temui di Pantai Banyu Tibo. Karena pantai ini belum banyak yang mengetahui, sehingga hanya terdapat fasilitas-fasilitas minim tetapi cukup memadai.  Justru dengan minimum fasiltas ini akan menjaga kealamian Pantai Banyu Tibo ini. Jika ingin berkunjung ke Pantai Banyu Tibo tidak usah khawatir karena fasilitas parkir kendaraan bermotor sudah dikelola oleh warga. Bagi wisatawan yang hobi memancing, dapat memancing diatas tebing. Karena tebing dipantai ini kebanyakan langsung berada diatas laut lepas, dengan teknik rock fishing wisatawan dapat menikmati sensasi memancing di laut.
    Karena terletak di sebuah desa, akomodasi penginapan akan sulit ditemui. Apabila wisatawan ingin menginap, disarankan untuk menginap di Kota Pacitan yang jaraknya tidak begitu jauh. Fasilitas di sekitar pantai akan sulit ditemui.

0 komentar:

Posting Komentar