Sabtu, 20 September 2014

Pantai Klayar

     Pantai Klayar adalah pantai eksotik dengan hamparan pasir putih, batu karang yang mirip Sphinx, karang bolong, seruling laut dan air mancur alami setinggi 10 meter yang berada di Kecamatan Donorojo, sekitar 35 km ke arah barat Kota Pacitan, dan dapat dicapai sekitar 60 menit dari kota Pacitan
      Pantai ini memiliki teluk kecil di sebelah timur, yaitu pantai yang sedikit menjorok ke dalam diapit oleh dua karang besar di kanan dan kiri. Dari teluk inilah ombak besar datang silih berganti, bergemuruh dan siap menggulung kalau ada yang berani berenang. Disini ada sebuah larangan untuk melakukan aktivitas renang, karena ombak pantai selatan yang sangat besar karena laut ini langsung berbatasan dengan Samudera Hindia.
     Perjalanan menuju ke pantai Klayar menjadi sebuah tantangan bagi mereka yang suka kegiatan luar ruangan, karena jalan yang dilewati terbilang sempit dan rusak di beberapa bagian. Ditambah lagi, terdapat kelokan tajam serta rute yang naik turun perbukitan dengan tanjakan dan turunan yang cukup ekstrim. Namun demikian, keindahan pemandangan bukit dan lembah hijau akan menemani sepanjang perjalanan.
     Pantai ini terbilang sangat sepi, dan hanya akan terlihat beberapa nelayan yang sedang melaut saat hari biasa. Hamparan pasir putih membentang dengan ombak sejernih kristal memecah di bibir pantai,dan diapit bukit-bukit karang di kanan dan kirinya. Fasilitas yang tersedia di Pantai Klayar seperti toilet dan rumah makan.

Asal Usul
     Terdapat batu besar mirip layar di pantai Klayar. Dan adanya seruling laut menjadi salah satu keunikan pantai ini, yaitu air yang memancar di antara bebatuan jika ombak besar sedang menerjang. Tapi jika pengunjung ingin melihat seruling laut dari dekat, pengunjung harus membayar guide dengan biaya seikhlasnya, karena posisi seruling laut yang cukup berbahaya dan sewaktu-waktu ombak dapat menerjang. 



0 komentar:

Posting Komentar