Selasa, 16 September 2014

Telaga di Kota Reog



     Telaga Ngebel adalah sebuah danau alami yang terletak di Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Kecamatan Ngebel sendiri terletak di kaki gunung Wilis. Lokasi ini bisa ditempuh menggunakan motor maupun mobil. Jarak yang ditempuh untuk sampai di Telaga Ngebel sekitar 25 km dari pusat kota Ponorogo dan Anda memerlukan waktu sekitar 30-45 menit.Telaga Ngebel merupakan telaga alami yang terdapat di dataran tinggi pegunungan Ponorogo. Telaga Ngebel merupakan wisata alam yang masih asri dan tidak banyak diberi unsur buatan 
manusia.
        Di sekeliling Telaga terdapat banyak penginapan yang harganya relatif murah dan rumah makan yang menyediakan makanan khas di Telaga Ngebel, yaitu nila bakar, ayam panggang, dan nila goreng. Di Telaga juga terdapat speed boat dan perahu bebek yang mengantarkan para pengunjung mengelilingi Telaga.

Asal Usul 
            Telaga Ngebel berkaitan dengan kisah seekor ular naga bernama “Baru Klinting“. Ular tersebut merupakan jelmaan dari Patih Kerajaan Bantaran Angin. Suatu ketika ada seorang warga yang membawa ular jelmaan tersebut ke desa. Sesampainya di desa, ular jelmaan tersebut hendak dijadikan makanan karena ukuran tubuhnya yang besar. Sebelum dipotong ular tersebut secara ajaib menjelma menjadi anak kecil, yang kemudian mendatangi masyarakat dan memutuskan membuat sayembara.
       Sang bocah kemudian menancapkan lidi di tanah. Namun tidak ada yang berhasil mencabutnya. Bocah ajaib itulah yang berhasil mencabutnya. Dari lubang bekas ditancapkannya lidi tersebut keluarlah air yang kemudian menjadi mata air yang menggenang hingga membentuk sebuah Telaga. Oleh penduduk desa sekitarnya, telaga tersebut diberi nama telaga Ngebel, artinya telaga yang mengeluarkan bau menyengat.

0 komentar:

Posting Komentar