Sabtu, 27 September 2014

Green Canyon Pangandaran

      Green Canyon Pangandaran terletak di Desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat, sekitar 31 km atau 45 menit berkendara dari Pangandaran. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pangandaran, menjadikan Green Canyon sebagai destinasi wisata di Pangandaran yang sulit untuk dilewatkan begitu saja. "Sepotong surga di bumi” begitulah yang digambarkan pengunjung yang datang ke Green Canyon.
      Green Canyon bukanlah Grand Canyon Amerika, Tapi Green Canyon Pangandaran. Green Canyon yang awalnya disebut "Cukang Taneuh", dalam bahasa Sunda disebut Jembatan Tanah, karena disini ada jembatan yang lebarnya 3 meter terbuat dari tanah berada di atas tebing kembar di tepi sungai. Nama Green Canyon diyakini berasal dari seorang turis Perancis yang datang ke lokasi Green Canyon pada tahun 1993. Karena air dan lumut berwarna hijau yang berlimpah maka wisatawan itu memberikan nama Green Canyon.
   Di pintu masuk utama Green Canyon, pengunjung bisa mendapatkan makanan dan minuman. Di sini pengunjung dapat menemukan sejumlah restoran yang menyajikan makanan tradisional Sunda dan seafood. Ada juga gerobak makanan yang menjual bakso, bubur ayam dan lain-lain.
    Sebaiknya siapkan baju ganti jika para pengunjung berencana untuk berenang di Green Canyon. Jangan lupa membawa kamera tahan air untuk mengabadikan momen saat berenang. Jangan khawatir jika tidak membawa pelampung (life jacket), karena tukang perahu telah menyediakan life jacket bagi pengunjung.



     Ada banyak toko-toko suvenir yang menjual kaos atau topi dengan gambar atau tulisan Green Canyon, gantungan kunci, sandal dan berbagai barang cantik lainnya ditawarkan dengan sistem tawar-menawar yang terletak di area parkir.
    Setelah puas menikmati Green Canyon pengunjung memiliki beberapa pilihan tempat menginap. Jika pengunjung belum terlalu lelah, bisa menempuh perjalanan kurang lebih satu jam menuju Pangandaran. Di sana penginapan lebih banyak dengan harga yang bervariasi. Tapi, jika pengunjung sudah sangat lelah, jangan ragu untuk menginap di kawasan Panti Batu Karas, kurang lebih 15 menit dari Green Canyon.
 

0 komentar:

Posting Komentar