Minggu, 28 September 2014

Curug Cibeureum

   Curug Cibeureum terletak di kawasan wisata alam ”Pondok Halimun/PH” di hulu Sungai Cipelang, tepatnya di Desa Perbawati dan Desa Sundajaya Girang, Kecamatan Karawang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Curug Cibeureum memiliki ketinggian air terjunnya 54 meter dan berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP), dengan ketinggian sekitar 1050 meter dari permukaan laut (dpl). 
    Tempat ini dinamakan Curug Cibeureum karena konon dulunya air terjun yang dialirkan berwarna merah. Warna merah air terjun ini berasal dari dinding tebing dari air terjun yang ternyata ditumbuhi oleh lumut berwarna merah. Apabila terkena sinar matahari, maka warna airpun tampak berubah menjadi merah.
  Selain itu, ada juga beberapa mitos di tengah masyarakat sekitar bahwa di zaman dulu ada seorang petaka sakti yang sedang bertapa di kawasan curug atau air terjun ini. Saking lamanya, petapa itu kemudian berubah menjadi batu. Menurut cerita masyarakat sekitar, batu besar tersebut masih berada di tengah-tengah air terjun ini. 
   Daya tarik Curug Cibeureum terletak pada air terjun, bumi perkemahan, sungai dan bebatuannya. Fasilitas yang tersedia di objek wisata ini yaitu tempat makan murah, wc umum, parkir mobil dan motor, telepon umum serta penginapan.

0 komentar:

Posting Komentar