Rabu, 01 Oktober 2014

Pantai Pelabuhan Ratu


   Pantai Pelabuhan Ratu berada di Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat, Indonesia sekitar 60 km ke arah selatan dari kota Sukabumi. Pantai Pelabuhan Ratu memiliki daya bagi para wisatawan untuk berkunjung, Pantai Pelabuhan Ratu terkenal dengan lingkungan alamnya yang indah, udara di sekitar yang sejuk serta hamparan pasir pesisir pantai yang sangat luas menjadi area yang sangat strategis untuk berenang di pinggir pantai. Gelombang ombak di Pantai Pelabuhan Ratu kondisinya cukup stabil seingga banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk berselancar / surfing.
   Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Pantai Pelabuhan Ratu dihuni oleh  Nyai Roro Kidul, yang diakui sebagai penguasa Pantai Selatan. Kepercayaan ini begitu kuat, konon di Samudera Beach Hotel disediakan sebuah kamar khusus untuk tempat kediaman sang penguasa, yaitu kamar no 308. Masyarakat juga percaya bahwa di Pantai Karang Hawu terdapat makam Nyai Roro Kidul. 

Kamar Nyi Roro Kidul
    Pada bulan April biasanya masyarakat sekitar Pelabuhan Ratu mengadakan ritual upacara adat Hari Nelayan. Hari Nelayan dimaksudkan sebagai syukuran atas rezeki yang telah mereka dapatkan dari hasil laut dan agar dijauhkan dari bencana. Biasanya dalam upacara ini disediakan sesaji berupa kepala kerbau yang nantinya akan dilarung ke tengah laut.
   Sebagai salah satu obyek wisata andalan di kawasan Jawa Barat, Pelabuhan Ratu memiliki sarana penunjang yang dapat melayani kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke Pelabuhan Ratu, diantaranya adalah tersedianya berbagai pilihan untuk menginap seperti hotel dan losmen dengan jenis yang bervariasi  mulai dari hotel berbintang sampai hotel melati ada di kawasan Pantai Pelabuhan Ratu. Selain itu terdapat juga restoran dan warung makanan. Fasilitas pendukung lainnya seperti penjaga keamanan pantai (SAR), tempat bersantai,  tempat bermain anak-anak, kios pakaian dan souvenir oleh-oleh khas Sukabumi, dll.

0 komentar:

Posting Komentar