Jumat, 19 September 2014

Pantai Sindangkerta

    Pantai Sindangkerta merupakan salah satu objek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, yang berlokasi sekitar 4 km dari sebelah timur Pantai Cipatujah. Pantai ini sangat ramai dikunjungi para pengunjung karena ombaknya yang tidak terlalu besar dan aman untuk berenang. Di sekitar pantai ini banyak  pepohonan yang besar dan banyak tumbuh pohon kelapa sehingga menciptakan kesejukan bagi para pengunjung.

      Di kawasan Pantai Sindangkerta terdapat tempat pendaratan Penyu Hijau yang langka dan terdapat Taman Laut seluas 20 ha. Taman laut di pantai ini berupa Taman Lengsar atau Taman Datar, karena terdapat karang yang datar dan cukup luas yang akan jelas terlihat apabila permukaan air lautnya sedang surut. Di taman datar ini biasanya digunakan para pengunjung untuk berfoto-foto dan menikmati deburan ombak, selain itu di sebelah selatan ujung karang biasanya para pengunjung untuk memancing ikan. Pantai Sindangkerta ini juga cocok untuk penelitian biota laut yang terdapat di samping tempat rekreasi.

    Fasilitas yang tersedia di Pantai Sindangkerta yaitu gazebo, kios-kios makanan dan minuman, toilet, tempat parkir yang cukup luas, tempat bakar ikan, kios-kios yang banyak menjual aneka cinderamata hingga penginapan dengan harga yang relatif murah untuk sebuah kawasan wisata. Setiap tahunnya pada tanggal 1 Januari, selalu diadakan upacara ritual yang unik yaitu Hajat Lembur Mapag Tahun. 

0 komentar:

Posting Komentar