Sabtu, 20 September 2014

Taman Laut Bunaken

      Taman Laut Bunaken terletak di Kelurahan Bunaken, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara. Bunaken berjarak sekitar 7 mil dari pelabuhan Manado. Terdapat 5 pulau yang termasuk dalam taman nasional ini yaitu Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage.
      Bunaken memiliki beragam kehidupan bawah laut, yang di dalamnya terdapat puluhan jenis terumbu karang dan ribuan spesies ikan yang hidup di taman laut ini. Keindahan Taman Laut  Bunaken banyak diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Sebagian besar wilayah pantai terdiri dari hutan bakau dan pasir putih.  Taman laut bunaken memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Lautnya terdapat terumbu karang yang keras dan lembut, dinding karang yang terjal dengan beraneka bentuk dan warna biota laut diantaranya terdapat ikan hiu, marlin, tuna, kakap, kerapu, barakuda, napoleon, angel fish, kura-kura, mandarin fish, kuda laut, ikan pari, gurita dan berbagai jenis ikan lainnya dan tentu saja yang paling terkenal adalah ikan purba raja laut (Coelacanth). Tidak ada masa off seasons untuk mengunjungi tamana laut bunaken artinya wisatawan bisa kapan saja mengunjungi dan menyelam di Bunaken. 


   

     Keindahan taman laut bunaken dapat dilihat pada lokasi yang disebut lekuan 1, 2, 3, fukui, mandolin, tanjung parigi, ron’s point, sachiko point, pangalisang, muka kampung dan bunaken timur. Bagi pecinta fotografi bawah laut, bisa dipastikan para wisatawan tidak akan kecewa apabila berkunjung ke taman laut bunaken karena disini wisatawan bisa mendapatkan foto yang spektakuler untuk diabadikan yang sangat jarang wisatawan dapatkan didaerah lain.
    Bagi wisatawan yang ingin berlama-lama menjelajahi Bunaken tidak perlu khawatir karena wisatawan akan mudah menemui penginapan mulai dari harga backpaker hingga kualitas hotel berbintang. Selain itu, untuk menunjang aktifitas wisatawan selama berwisata di Bunaken juga bisa menemukan tempat penyewaan perahu (seedboat), alat snorkeling (alat selam) dan kamera bawah laut untuk mengabadikan aktifitas wisatawan selama berada di bawah laut.

0 komentar:

Posting Komentar