Sabtu, 20 September 2014

Pantai Pangandaran

       Pantai Pangandaran merupakan objek wisata di Jawa Barat yang terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran dengan jarak ± 92 km arah selatan kota Ciamis. Pantai ini memiliki berbagai keistimewaan, seperti dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama, pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman, terdapat pantai dengan hamparan pasir putih, tersedia tim penyelamat wisata pantai, jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai serta terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.
      Di Pantai Pangandaran ini para wisatawan dapat melakukan kegiatan yang beragam, seperti berenang, memancing, keliling dengan sepeda, parasailing, jet ski, dan lain-lain. Adapun acara tradisional yang terdapat di pantai ini adalah Hajat Laut, yaitu upacara yang dilakukan nelayan di Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan YME dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Acara ini biasa dilaksanakan pada tiap bulan Muharam.


     Fasilitas yang tersedia di pantai ini, yaitu tempat parkir yang luas, hotel, restoran, pondok wisata dengan tarif bervariasi, pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer, gedung bioskop, diskotik, pramuwisata dan pusat informasi pariwisata, bumi perkemahan, sepeda dan ban renang sewaan, parasailing dan jet ski.

Asal Kata
      Pada awalnya Desa Pananjung Pangandaran dibuka dan ditempati oleh para nelayan dari suku Sunda. Penyebab pendatang lebih memilih daerah Pangandaran untuk menjadi tempat tinggal karena gelombang laut kecil yang membuat mudah untuk mencari ikan. Karena di Pantai Pangandaran inilah terdapat sebuah daratan yang menjorok ke laut, sekarang menjadi cagar alam atau hutan lindung. Para nelayan menjadikan tempat tersebut untuk menyimpan perahu yang dalam bahasa sundanya disebut Andar, setelah beberapa lama banyak berdatangan ke tempat ini dan menetap sehingga menjadi sebuah perkampungan yang disebut Pangandaran. Pangandaran berasal dari dua buah kata pangan dan daran . yang artinya pangan adalah makanan dan daran adalah pendatang. Jadi Pangandaran artinya sumber makanan para pendatang.

0 komentar:

Posting Komentar